Bisnis Digital
Jurusan Bisnis Digital adalah Bidang Studi yang mempelajari segala hal tentang bagaimana cara merancang bisnis yang dikembangkan mengunakan teknologi digital. jurusan ini merupakan perpaduan dari ilmu bisnis, manajemen, sistem informasi, hingga teknik informatika.
Hadirnya jurusan bisnis digital sejalan dengan tantangan bisnis masa depan yang akan didominasi oleh sistem digital. Dengan kata lain jurusan ini dikembangkan untuk mempersiapkan untuk mempersiapkan sumber daya manusia dibidang penugasaan startup digital, marketplace, big data, hingga artifical intelegence, sehingga memerlukan kajian terstruktur, mendalam, dan berkelanjutan, untuk merumuskan startegi yang tepat.
Jurusan Bisnis Digital mencakup banyak bidang, sehingga mata kuliah yang dipelajari disini pun sangat beragam. Di jurusan ini kamu berjumpa dengan teori dasar terkait dengan bisnis digital misalnya pengantar bisnis, manajemen, perilaku konsumen, social media management, hingga programming.
Adapun beberapa mata kuliah yang akan dijumpai di jurusan bisnis digital antara lain:
- Pengantar Bisnis
- Pemasaran Internet
- Akuntansi Manajemen
- E-Marketing & E-Commerce
- Computer Web Development
- Sistem Informasi Akuntansi
- Analisis Perilaku Konsumen
- Manajemen Strategi
- Product Development
- Fintech Industry
Prospek Kerja
Kenapa kamu harus memilih jurusan Bisnis Digital:
1. Digital Marketer
Prospek kerja pertama untuk lulusan jurusan bisnis digital adalah seorang digital marketer atau pemasar digital. Profesi satu ini merupakan profesi yang dicari saat ini.
2. Business Development
Menjadi lulusan jurusan bisnis digital juga bisa menjadi business development. Business Development merupakan profesi yang bertugas melakukan pengembangan pasar dan relasi bisnis.
Untuk bisa menjadi business development merupakan profesi yang bertugas melakukan pengembangan pasar dan relasi bisnis. Untuk bisa menjadi seorang business development, kamu harus menemukan kesempatan baru untuk mengembangkan bisnis. Oleh karena itu, seorangĀ business development, perlu memahami seluk beluk marketing, negosiasi, analisis, hinga financial management.
3. Konsultan Bisnis
Seorang konsultan bisnis bertugas untuk memberikan saran kepada pelaku usaha terkait kegiatan bisnis yang tengah dijalankan, khususnya pada bisnis digital. Selain itu, profesi ini turut membantu klien dalam mengidentifikasi masalah-masalah yang sedang dihadapi sekaligus merumuskan solusi serta mendampingi klien mengidentifikasi masalah-masalah yang sedang dihadapi sekaligus merumuskan solusi serta mendampingi klien membuat perencanaan bisnis.
4. Product Manager
Product Manager merupakan seseorang yang bertanggung jawab penuh atas sebuah produk, mulai dari proses planning, development, hingga maintenance. Selain itu, kamu juga akan bertugas untuk mengidentifikasi produk potensial melakukan riset pasar, menentukan spesifikasi, menentukan jadwal produksi, perumusan harga produk, juga terlibat dalam pengembangan strategi marekting.